Monday, November 12, 2012 CARA UPGRADE


Cara Upgrade Processor

Bingung mau Upgrade Processor anda dengan Processor yang terbaru, yang pastinya harganya lumayan mahal banget.
Pengen punya PC dengan processor keren tapi belum cukup dana.
Sekarang tak usah pusing untuk memikirkan cara upgrade Processor anda dengan Processor yang paling terbaru, ni saya ada tips nya untuk upgrade processor PC anda menjadi Processor keluaran terbaru saat ini tanpa harus mengeluarkan satu sen pun dari kantong anda alias (Gratis…tis…tis..). Apapun jenis Processor yang anda inginkan pasti bisa terpenuhi. Sampai – sampai Jika  Anda ingin  mengeluarkan Tipe/Jenis Processor sendiri juga bisa lho…HAHAHAHAHAHAHA
Ini bukan cerita belaka, ini memang benar – benar terbukti. Jika anda tidak percaya silahkan aja lakukan beberapa Langkah – langkah di bawah ini  :
  1. Buka Run kemudian ketikkan Regedit
  2. Masuk kedalam Key : HKEY_LOCAL_MACHINE -> HARDWARE -> DESCRIPTION -> System -> CentralProcessor -> 0
http://ginigitu.com/wp-content/uploads/2010/08/Regedit.png
  1. Kemudian cari Value dengan Nama ProcessorNameString dan Double Clik lah Value Tersebut.
  2. Langkah terakhir adalah “Menganti Nama Processor dengan Nama yang Anda Inginkan”
http://ginigitu.com/wp-content/uploads/2010/08/Edit-String-Processor-Name-String.png
  1. Misal : Pentium 5, 6, atau 7, Core2Duo, Core2Quad, i3, i5 atau i7 dll.
  2. Selamat mencoba…..
Akan tetapi tips ini tidak akan mempengaruhi kecepatan komputer / PC / Notebook / Netbook anda,  ya namanya juga Gratis kalau mau PC dengan Kecepatan tinggi ya harus mengeluarkan dana dunk dari kantong anda masing – masing.





CARA MENGUPGRADE VGA

VGA adalah hardware dalam komputer yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan program ataupun aktifitas yang berhubungan dengan grafik 3d.Harga vga bervariasi tergantung diperuntukan buat apa ,apakah buat gamer , aplikasi 3d kayak 3ds max ,ataupun pekerjaan lainnya.namun bagi anda yang mempunyai spek komputer pas pasan (seperti saya : mode sedih >on) dengan hanya menggunakan vga onboard alias bawaan motherboardnya ga usah berkecil hati anda dapat memaksimalkan kemampuannya dengan cara mengupdate driver yang digunakan.


Disini saya akan menunjukkan cara mengupdate driver vga onboard intel.yang pertama harus anda lakukan adalah mengecek type vga anda termasuk drivernya dengan diagnostic tool caranya klik star>run kemudian pada kotak dialog ketikan "dxdiag" (tanpa tanda kutip) maka akan tampil window seperti ini

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirBdVTkehyphenhyphenIiKrM4MzeYxBfED98KGaXRkEaIo9USemXCEsVUsYJRdxBkjeCBZB5mZcKdz2GKpYTZXJ85QSP3sLSF0QVXIhfqW_0i917dKCs-j8xb2_ghIVE3Bxu-1qGlAmrRTo_LSSCIQ/s1600/dxdiag.jpg
kemudian klik display maka anda akan melihat sebelah kiri yaitu hardware type (device) dan kotak sebelah kanan adalah driver yang digunakan.nah untuk update drivernya masuk dulu  ke http://www.intel.com/p/en_US/support/detect/graphics .

setelah tampil halaman ini klik yang saya kasih tanda panah,maka otomatis intel akan membaca driver vga anda dan mencarikan versi terbaru.
Tapi harus diingat!! komputer anda harus sudah terinstal java bisa anda dapatkan di oracle.com.atau di link ini http://java.com/en/download/inc/windows_new_ie.jsp
kemudian instal dan lihat apakah plugin java sudah terinstal di browser anda (ini penting)karena tanpa plugin ini anda tidak akan mendapatkan update otomatis dari intel.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLD4SLtk1CER4Erhng2cAFzuAEr5CrTCobc5CcBPplZPN_Fdr195HNm8C-MqPbCMjs02jSoBGpvb23etMS3guIUg74deLYQvhCzoaX1EeLT3uQ1838DZB_tr0xoPZkfmonBh8oVi0QvqQ/s1600/2011-10-15_101421.jpg
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfchxSDcyuRO5sSxs0sWU4QOEgTKMX8UbYc9AYl3g8CUkuAU417DNwrzMfdOQAz6RxTT1ajIU_0VUGnTlQebN4wEtNPctMZdk7-kuovZ1-UhIOp79EAO4Nu5uujO7HrU_hc_a3ngbmXFU/s1600/intel.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9JyxF17NbUAfpcNCPlPjZLO5fOExhQV0_FfZmr9HSFDSu5SRuYIn3f5wfzICqzkXCyLcz1sfJb0kOwrXZVkXBW-8krECPc3uWCnZDvVq9lvlZZxvmTaCDax9VdKucxn3NLUUxpdxtn-8/s1600/2011-10-15_102348.jpg

setelah langkah diatas akan tampil list driver vga anda yang tinggal anda download dan instal di pc anda.gimana mudah bukan ?sekarang anda bisa memainkan game yang sedikit berat ....hehe tapi jangan yang berat berat ya  ..
sumber : http://gigaartikel.blogspot.com/2011/07/cara-update-driver-vga-onboard-intel.html






CARA MENGUPGRADE RAM


RAMMemori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory) berguna sebagai penyimpan data sementara saat digunakan oleh prosesor. Setiap saat pengguna Komputer membuka sebuah program untuk membaca email, ‘surfing’ website atau bermain game, program itu akan dibebankan pada memori dari hard drive dan akan tetap dinggal selama ia aktif. Berapa banyak program di komputer yang bekerja pada saat bersamaan tanpa mengurangi performance, tergantung pada berapa banyak kapasitas RAM yang ada. Umumnya, semakin besar RAM komputer kita semakin baik.

Jika komputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk. Terus bagaimana cara termudah menambah RAM, jika kita ingin meng’upgrade’nya? Ikuti panduan berikut :

  1. Buka web browser komputer anda dan ketik URL : http://www.crucial.com
  2. ram_upgrade
    button_enlarge
  3. Pada website ini anda akan dipandu untuk mencari pilihan terbaik. Pilih Manufacturer komputer anda. Misalnya : Dell (Bukan ngiklan nih, wong punyaku ini…Laughing.) Kalo pengen minta bantuan bisa langsung klik ‘scan my system’.
  4. Pilih Produk komputer anda, dalam hal ini misalnya : XPS.
  5. Last step, pilih model produk anda : XPS M1330
  6. Selesai sudah advisor anda siap di kaji, anda tinggal pilih kapasitas terbaik, yang perlu diperhatikan , supaya tidak bingung membeli RAMnya adalah : Kapasitas (GB), Type – speed (seperti : DDR2 PC2-6400)
  7. Soal merk terserah anda, yang penting spesifikasinya cocok.
Selamat meng’upgrade’.
 
sumber : http://www.agussuwasono.com/artikel/pengetahuan-komputer/203-cara-mudah-mengupgrade ram.html








CARA UPGRADE HARDDISK

Pasanglah harddisk baru di komputer anda. Bila perlu set lah BIOS anda agar dapat mengenali harddisk yang baru dipasang. Pada linux >= 2.4 mungkin hal ini tidak perlu dilakukan karena saat kernel booting segala macam device terutama harddisk telah dikenali oleh kernel sehingga informasi yang disediakan oleh BIOS tidak dipakai lagi.
Di sini diasumsikan bahwa harddisk lama dapat diakses melalui /dev/hda dan harddisk baru dapat diakses melalui /dev/hdd.
Setelah terpasang anda dapat mulai menyiapkan partisi pada harddisk baru menggunakan fdisk atau cfdisk atau menggunakan alat lain yang anda suka. Di bawah ini adalah tampilan cfdisk.
Tampilan CFDISK
Atur jumlah partisi dan ukurannya menurut kebutuhan anda. Pada artikel ini ada 3 partisi untuk linux dan 1 partisi yang digunakan untuk swap. Partisi ini nantinya dimount pada direktori /, /home, dan /var. Anda bebas mengatur sesuai dengan kebutuhan komputer anda.

2. Format Partisi Baru

Formatlah partisi yang baru dibuat dengan menggunakan tool sesuai dengan partisi yang anda inginkan. Bila anda menggunakan ReiserFS jalankan perintah ini.
root:~# mkreiserfs /dev/hddx
Bila anda menggunakan ext2 jalankan perintah ini.
root:~# mke2fs /dev/hddx
Bila anda menggunakan ext3 jalankan perintah ini.
root:~# mke2fs -j /dev/hddx
Untuk jenis partisi yang lain(masih banyak lagi) silakan membaca dokumentasi yang disertakan pada masing-masing toolnya. Jalankan perintah di atas untuk semua partisi yang baru dibuat, dan gantilah "x" di atas dengan nomor partisi yang sesuai. Bila skema harddisk anda sama dengan yang ada di sini maka anda harus menjalankan perintah di atas 3 kali yaitu untuk /dev/hdd1, /dev/hdd3, dan /dev/hdd4.
Partisi swap diformat dengan menggunakan perintah:
root:~# mkswap /dev/hdd2

3. Mount Partisi

Sebelum melangkah lebih jauh anda harus mengunmount partisi-partisi non-linux(Windows, dsb) dan partisi network(samba, NFS, dsb). Jangan sampai isi partisi-partisi yang lain ini ikut tercopy dalam harddisk yang baru.
Buatlah sebuah direktori pada direktori root(/) misalkan /hdbaru. Kemudian mount partisi baru anda pada direktori itu. Bila partisi yang baru akan dimount lebih dari 1 level, maka anda harus membuat masing-masing direktori yang sesuai untuk masing-masing partisi.
Contoh: harddisk yang baru mempunyai 3 partisi yang akan digunakan sebagai berikut.
/dev/hdd1: /
/dev/hdd3: /var
/dev/hdd4: /home

Maka partisi itu harus dimount pada direktori baru yang telah dibuat.
/dev/hdd1: /hdbaru/
/dev/hdd3: /hdbaru/var
/dev/hdd4: /hdbaru/home

Anda harus membuat direktori untuk mount point sebelum memountnya.
root:~# mkdir /hdbaru
root:~# mount /dev/hdd1 /hdbaru

root:~# mkdir /hdbaru/var
root:~# mount /dev/hdd3 /hdbaru/var

root:~# mkdir /hdbaru/home
root:~# mount /dev/hdd4 /hdbaru/home

4. Copy File

Setelah partisi yang baru siap, sekarang waktunya untuk mengcopy semua file dari harddisk lama ke harddisk yang baru. Ingat, jangan mengcopy direktori /proc karena isinya memang bukan untuk dicopy. Direktori itu adalah tempat penyimpanan informasi jalannya linux anda. Untuk itu kita cukup membuat direktori proc pada direktori /hdbaru sehingga nantinya ada direktori /hdbaru/proc yang tetap kosong, dan tidak berisi apa-apa sampai nantinya harddisk baru ini dipaki sebagai device boot.
Selain direktori /proc, direktori /hdbaru juga tidak ikut dicopy karena direktori itulah yang menjadi tujuan copy file yang kita lakukan. Jalankan perintah di bawah ini untuk mulai mengcopy.
root:~# cd / && echo cp -dpRv `ls -1Ab | egrep -v "^proc$|^hdbaru$"` /hdbaru | sh
Anda akan melihat tiap file yang sedang dicopy. Lama proses ini tergantung pada jumlah dan besar file pada harddisk yang lama, serta kecepatan komputer sehingga bila memang menurut anda membutuhkan waktu yang lama anda bisa meninggalkannya sejenak untuk membuat segelas teh/kopi.

5. Edit fstab

Bila pengaturan partisi pada harddisk baru anda tidak sama dengan harddisk yang lama anda perlu mengedit file /hdbaru/etc/fstab sehingga pada saat booting semua partisi dapat berjalan dengan baik. Sesuaikan device dengan kondisi saat harddisk baru dipakai booting. Semisal bila nanti harddisk baru ini akan terpasang pada /dev/hda maka pastikan bahwa pada file itu yang dimount adalah /dev/hda dan bukan /dev/hdd.

6. Install Loader

Ubah konfigurasi lilo pada /hdbaru/etc/lilo.conf untuk menginstall boot loader pada harddisk yang baru.
disk=/dev/hdd bios=0x80
Entri ini memaksa lilo untuk menganggap bahwa harddisk pada /dev/hdd dianggap sebagai harddisk pertama pada entri BIOS (ID=0x80).
boot=/dev/hdd
Entri ini digunakan untuk menginstall lilo pada /dev/hdd.
image=/hdbaru/boot/vmlinuz
root=/dev/hda1

Baris pertama memerintahkan lilo untuk menginstall kernel image baru di mbr harddisk kedua, dan baris kedua menyatakan partisi mana yang harus diboot saat harddisk yang baru dijalankan.
Jalankan lilo untuk menginstall dengan konfigurasi yang baru.
root:~# lilo -C /hdbaru/etc/lilo.conf

7. Booting

Matikan komputer, pasang harddisk baru anda pada posisi yang tepat(dalam contoh ini sebagai hda), dan nyalakan kembali komputer anda. Jangan lupa untuk mengupdate informasi pada BIOS. Selamat, harddisk baru anda sudah bisa digunakan.

sumber:  http://www.sokam.or.id/artikel/hd-upgrade.html






Digg it StumbleUpon del.icio.us

1 comments:

Unknown said...

sangat bermanfaat gan, silakan mampir http://avifsullivan.blogspot.com

Post a Comment

 
Copyright 2010 berbagi ilmu
Carbon 12 Blogger template by Blogger Bits. Supported by Bloggermint